Analisi Portal Berita Inilahkoran.com Sebagai Media Online

Portal berita, sebagai salah satu media online yang dikenal dengan kecepatan informasinya ini menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat luas. Mereka berbondong-bondong mengakses berbagai informasi mulai dari jaringan internet di PC, handphone, ataupun gadget lainnya.

Kebutuhan informasi ini dibarengi dengan menjamurnya media online, berupa portal berita yang bisa kita temukan di jaringan internet. Salah satunya adalah media online inilahkoran.com. Selain sebagai media online, inilahkoran.com pun memiliki media cetak yang bernama inilahkoran.

Dalam media online yang dimiliki oleh inilahkoran.com, konten dan isi dari portal berita tetap menjadi nomor satu. Inilahkoran yang memiliki tagline Dari Bandung Untuk Indonesia ini,  memberikan informasi yang memang diprioritaskan dalam pemberitaan di wilayah Jawa Barat khusunya Bandung. Meski inilahkoran.com tetap menyediakan space untuk pemberitaan nasional dan internasional.

Judul dan tulisan yang terdapat dalam media online satu ini cukup menarik dan unik. Inilah berusaha memberikan informasi dengan judul dan pemberitaan yang akurat, serta tidak kaku. Seperti judul berita yang satu ini Gila..PSG Tawarkan Gaji Rp500 Juta Sehari bagi CR7

Namun, dalam image atau foto yang ditampilkan oleh portal berita ini tidak semuanya orsinil. Media ini banyak menggunakan foto dari media lain serta dokumentasi istimewa. Hal tersebut terlihat dari keterangan foto yang ditampilkan media yang satu ini. 

Selain itu, foto yang disisipkan dalam setiap beritanya kurang enak untuk dilihat. Dengan tampilan foto yang terlalu lebar, terkesan foto tersebut menjadi cover dari website dan menghalangi pembaca untuk membaca tulisannya. Karena pembaca akan lebih fokus melihat foto yang terpampang dengan besar di bawah judul berita.

Mungkin inilahkoran.com juga memiliki alasan tertentu mengapa media satu ini menempatkan foto dalam beritanya berbeda dengan kebanyakan media lainnya. Mungkin saja itu menjadi keunikan dan khas media satu ini.

Dalam pemberitaannya, isu berita yang diinformasikan inilah.com terbilang update dan menarik para pembaca. Khusunya warga Bandung dan Jawa Barat itu sendiri. Namun dalam tampilan beritanya, inilahkoran.com kurang memperhatikan kerapihan dari tulisan. Ujung tulisannya tidak sejajar rapi (alignment) dan terkesan acak-acakan. Padahal jika sedikit memperhatikan hal yang satu ini, tampilannya akan menjadi lebih rapi.

Selain itu, hal terpenting yang tidak disadari adalah adanya meta tag. Meta tag ini akan membantu mesin pencari dengan deskripsi dan kata kunci yang kita buat. Dalam media inilahkoran.com, nampaknya media ini kurang begitu memperhatikan akan hal ini. Trlihat dari deskripsi dan kata kunci yang diisi di portal berita ini sangat singkat dan kurang memberikan informasi kepada mesin pencari. Inilahkoran.com hanya mengisi meta tag dengan alamat portal beritanya saja. Tanpa mendeskripsikan apa yang ada didalam portal berita tersebut. Dan kata kunci yang akan memudahkan orang lain untuk menemukannya.

<meta name="robots" content="index,follow" />
 <meta name="description" content="www.inilahkoran.com" />
 <meta name="keywords" content="www.inilahkoran.com" />
  <link rel="stylesheet" type="text/css" href="http://www.inilahkoran.com/assets/css/reset.css" />
 <link rel="stylesheet" type="text/css" href="http://www.inilahkoran.com/assets/css/text.css" />
 <link rel="stylesheet" type="text/css" href="http://www.inilahkoran.com/assets/css/style.css" />
 <script type="text/javascript" src="http://www.inilahkoran.com/assets/js/jquery.js"></script>
 <!-- OPENX --> 

Dalam segi tampilan portal berita, inilahkoran.com menjadi salah satu portal berita yang SEO friendly. Dengan tampilan yang terkesan simple dan tidak banyak warna, ini membuat portal berita inilahkoran dapat diakses dengan cepat.

Satu hal lagi, dalam tulisan tentang kami dan disclaimer yang berada di portal berita ini masih kosong. Belum diisi bahkan halaman masih dalam keadaan yang tidak bisa ditemukan. Padahal hal ini menjadi bagian terpenting pula dalam identitas sebuah media.

Related Post



Posting Komentar