Jurnalistik Generasi Muda

Dewasa ini, kebutuhan akan informasi semakin tinggi. Informasi yang semula hanya disampaikan melalui media cetak dan elektonik, kini mulai merambah di dunia internet. Dengan perkembangan internet yang semakin pesat inilah, mulai dikenal istilah jurnalistik on line.

Secara singkatnya jurnalistik online ini memiliki pengertian kegiatan jurnalistik yang dipublikasikan melalui media online atau cyber media. Perbedaan yang paling mencolok dari jurnalistik online dengan kegiatan jurnalistik lainnya yaitu cetak dan elektonik, adalah medium dan mekanisme efesiensi pencarian, pengolahan dan penyebarluasan beritanya. Bahkan jurnalistik ini pun disebut-sebut menjadi jurnalistik masa depan.

Dengan karakteristik internet yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun, masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan informasi melalui media satu ini. Tidak hanya media cetak dan televisi yang online, namun jutaan pengguna baik individu atau kelompok telah menggunakan internet sebagai sumber berita. Sehingga masyarakat pun dapat lebih mudah menjadi bagian dari citizen journalism. Citizen Journalism ini adalah keterlibatan masyarakat tanpa memandang siapapun dia untuk memberitakan suatu kejadian, baik melalui tulisan, audio, ataupun video. Sehingga masyarakat pun bisa menjadi wartawan.

Beberapa karakteristik media online :
  1. Menimbulkan posisi audience dimana audience memiliki kesempatan untuk berperan aktif dalam proses produksi berita.
  2. Memiliki karakteristik immediacy yang memungkinkan up-dating informasi melebihi kecepetan media tradisional. Internet bisa mengalahkan media cetak yang harus mencetak keesokan harinya dan media elektronik harus menyiapkan persiapan produksi.
  3. Memiliki kelebihan berupa multimedia capability yang memungkinkan pesan bisa disampaikan dalam berbagai versi dari teks, video dan audio.
  4. Memiliki karakter interactivity atau timbalbalik yang memungkinkan adanya partisipasi audience secara lanngsung.
  5. Memiliki karakter nonlinearity, artinya jurnalis lebih fleksibel dalam menyajikan berita dan memudahkan user untuk memilih tema informasi yang diinginkan.
Meski demikian, tidak dapat dipungkiri jika media online ini memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya,
Media online cenderung berlomba-lomba dalam update berita. Sehingga dikhawatirkan berita yang disampaikan kurang berkredibel.
Keterlibatan masyarakat di dunia internet pun dapat mengakibatkan terjadinya berita yang hoak.
Banyaknya wartawan yang membuat berita dengan cara yang instant dengan mencari berita melalui media-media lain.

Related Post



Posting Komentar